Tour dalam kota Jogja

Keraton Yogyakarta

Advanture

Air Terjun Sri Gethuk

Fun

Taman Wisata Kyai Langgeng

Pantai

Pantai Indrayanti

Candi & Religi

Candi Prambanan

Museum

Museum Seni Lukis Affandi

Blusukan desa

Objek wisata tersembunyi

Religi & Candi

CANDI DAN WISATA RELIGI DI YOGYAKARTA


Candi

1. CANDI BOROBUDUR

CANDI BOROBUDUR

Merupakan Candi agama Budha terbesar di Indonesia. Lokasi terletak sekitar 42 km dari Yogyakarta. Buka tiap hari pukul 06.00 – 18.00 WIB.

2. CANDI GEBANG

CANDI GEBANG

Merupakan candi Hindu, diperkirakan dibangun sekitar abad ke 8 M pada saat Wangsa Sanjaya berkuasa pada jaman kerajaan Mataram Kuno. Buka tiap hari pukul 06.00 – 18.00 WIB.

3. CANDI PRAMBANAN

CANDI PRAMBANAN

Candi Prambanan atau Candi Rorojonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi Prambanan terdiri dari 3 candi utama yang berketinggian 47m dan dikelilingi oleh candi kecil yang disebut Perwara. Buka tiap hari pukul 06.00 – 18.00 WIB.

4. CANDI RATU BOKO

 CANDI RATU BOKO

Candi ini terletak 3 km arah selatan dari Candi Prambanan yang terdiri dari gapura, sebuah candi pembakaran, paseban (balai), pendapadan pemandian kaputren. Didalam candi ini dapat terlihat perpaduan unsuh Hindu dan Budha. Buka tiap hari pukul 06.00 – 18.00 WIB.

5. CANDI SEWU

CANDI SEWU

Merupakan candi Budha yang berusia lebihtua dari Candi Prambanan. Letaknya kurang lebih beberapa ratus meter di sebelah timur laut Candi Prambanan. Buka tiap hari pukul 06.00 – 18.00 WIB.

6.  CANDI SOJIWAN

CANDI SOJIWAN

Candi Sojiwan atau Candi Sajiwan adalah sebuah candi Budha yang terletak di desa Kebon Dalem Kidul, kecamatan Prambanan, kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Sebuah ciri khas candi ini ialah adanya sekitar 20 relief di kaki candi yang berhubungan dengan cerita-cerita Pancatantra atau Jataka dari India. Dari 20 relief ini, tinggal 19 relief yang sekarang masih ada.

7. CANDI BANYUNIBO

CANDI BANYUNIBO

Merupakan peninggalan Budha. Berlokasi jauh dengan candi Budha yang lainya, terpencil di tengah area sawah. Buka tiap hari pukul 06.00 – 18.00 WIB.

8. CANDI SAMBISARI

CANDI SAMBISARI

Adalah candi Hindu (Siwa) yang ditemukan pada tahun 1966. Buka tiap hari pukul 06.00 – 18.00 WIB.

9. CANDI IJO

CANDI IJO

Candi Ijo merupakan komplek percandian yang terdiri atas beberapa bangunan dengan halaman teras berundak yang berada di ketinggian 357,402 – 395,481 meter di atas permukaan laut.

10. CANDI BARONG

CANDI BARONG

Candi Barong, salah satu candi unik yang terdapat di wilayah selatan Candi Prambanan, tepatnya di perbukitan Dusun Candisari, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman. Sebagai Candi Hindhu, Candi Barong merupakan kompleks peribadatan untuk memuja Dewa Wisnu dan istrinya, Dewi Laksmi atau yang terkenal dengan nama Dewi Sri (dewi kesuburan bagi pertanian).

11. CANDI KALASAN

CANDI KALASAN

Candi Kalasan yang dibangun sekitar tahun 778 M. Berdasarkan prasasti yang berangka tahun 700 Çaka, diketahui latar belakang pendirian Candi Kalasan ini adalah permintaan para guru terhadap Maharaja Tejahpurana untuk membangun bangunan suci bagi Dewi Tara.

12. CANDI SARI

CANDI SARI

Candi Sari merupakan bangunaan bertingkat dua atau tiga, dan diperkirakan setiap lantai tersebut memiliki fungsi yang berlainan. Lantai bawah difungsikan untuk kegiatan sehari-hari seperti belajar-mengajar, diskusi dan bersosialisasi dengan penduduk sekitar, lantai atas difungsikan sebagai tempat penyimpanan barang-barang untuk kegiatan ritual agama.

13. CANDI PLAOSAN

Candi Plaosan

Candi Plaosan terbagi ke dalam 2 kelompok, yaitu Candi Plaosan Lor dan Kidul. Keduanya memiliki teras segi empat yang dikelilingi oleh dinding, tempat semedi berbentuk gardu di bagian barat serta stupa di sisi lainnya.

Religi

14. MASJID SYUHADA

MASJID SYUHADA

Masjid ini memiliki arsitektur modern bertingkat 3, terletak di bibir sungai code. Masjid Syuhada sebagai salah satusaksi sejarah untuk mengenang para pahlawan yang gugur mati syahid mempertahankan proklamasi kemerdekaan RI. Sekarang lebih banyak digunakan untuk pusat kegiatan masyarakat muslim.

15. GEREJA GANJURAN

GEREJA GANJURAN

Gereja inimerupakan gereja tertua di Bantul. Di area ini terdapat sebuah candi yang dinamakan Candi Hati Kudus Tuhan Yesus. Candi ini dibangun dengan memadukan unsure Hindu, Budha serta Jawa.

16. SENDANGSONO

GOA MARIA SENDANGSONO

Adalah tempat ziarah Goa Maria, tempat ini ramai dikunjungi peziarah dari seluruh Indonesia pada bulan Mei dan Oktober. Selain berdoa pada umumnya para peziarah mengambil air dari sumber, mereka percaya bahwa air tersebut dapat menyembuhkan penyakit.

17. GOA MARIA TRITIS

GOA MARIA TRITIS

Goa Maria Tritis (GMT) adalah tempat Ziarah / wisata rohani milik Gereja Katholik Paroki St. Perus Kanisius Wonosari, Kabupateng Gunung Kidul.

18. MAKAM IMOGIRI

MAKAM IMOGIRI

Merupakan komplek  makam bagi raja-raja Mataram dan keluaraganya yang berada di Girirejo, Imogiri, Bantul. Selain menjadi tempat wisata sejarah, Makam Imogiri juga dapat menjadi tempat wisata religious, yaitu sebagai tempat ziarah.

19. MAKAM NYI AGENG SERANG

MAKAM NYI AGENG SERANG

20. PEMAKAMAN ASTANA GIRIGONDO

PEMAKAMAN ASTANA GIRIGONDO

21. MAKAM SENIMAN DAN BUDAYAWAN

MAKAM SENIMAN DAN BUDAYAWAN



Related posts:
  • Galeri Fotografi

  • Objek Wisata Populer Jogja
    Paket Wisata
  •