Tour dalam kota Jogja

Keraton Yogyakarta

Advanture

Air Terjun Sri Gethuk

Fun

Taman Wisata Kyai Langgeng

Pantai

Pantai Indrayanti

Candi & Religi

Candi Prambanan

Museum

Museum Seni Lukis Affandi

Blusukan desa

Objek wisata tersembunyi

Pantai

DAFTAR PANTAI DI YOGYAKARTA

Peta Pantai Jogja Lengkap

Peta Pantai

Pantai di Kulon Progo

1. PANTAI CONGOT

Pantai congot

Pantai congot merupakan pantai yg berada paling ujung barat Kulon Progo. Terletak tidak begitu jauh dari Pantai Glagah yang menjadi obyek wisata pantai andalan Kabupaten Kulonprogo. Sangat cocok dikunjungi saat sore hari ketika senja mendekati malam. Panorama yang terlihat akan bertambah mempesona jika Anda menyempatkan diri untuk menikmati terbenamnya matahari di ufuk barat.

2.  LAGUNA PANTAI GLAGAH

PANTAI GLAGAH

Masih terletak di Kabupaten Kulon Progo, kurang lebih 40 km dari kota jogja, di pantai ini terdapat laguna yang cukup luas. Di sini para wisatawan bias menikmati keindahan laguna dengan menggunakan perahu motor.

3.  PANTAI BUGEL

Pantai Bugel

Pantai Bugel merupakan obyek wisata pantai yang masih asri. Pantai Bugel berada di jalur obyek wisata Pantai Glagah dan juga pantai-pantai yang ada di daerah Kabupaten Kulon Progo. Letak Pantai Bugel berada di antara Pantai Trisik dan Pantai Glagah.

4. PANTAI TRISIK

Pantai Trisik

Pantai Trisik merupakan pantai pertama di Kabupaten Kulon Progo yang akan ditemui bila anda melaju melewati lintasan Bantul – Purworejo, melewati Palbapang dan Srandakan. Berjarak sekitar 37 kilometer dari pusat kota Yogyakarta.

Pantai di Bantul

5. PANTAI PANDANSIMO

PANTAI PANDANSIMO

Pantai ini berada di Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, kurang lebih 20 kilometer arah barat daya Kota Bantul. Merupakan pantai paling barat dari deretan Pantai Selatan yang masuk ke wilayah Kabupaten Bantul dan terletak bersebelahan dengan Muara Sungai Progo. Pandansimo sendiri berasal dari kata “pandan” (pohon pandan) dan “simo” (macan). Di pantai ini terdapat padepokan khas bangunan Jawa yang di tengahnya ada pohon pandan. Dari jauh, bangunannya nampak seperti simo (harimau). Deburan ombak yang besar dan liar, suasana mistis yang masih kental dengan banyaknya petilasan yang keramat, hiruk-pikuk nelayan melawan melawan ganasnya ombak merupakan gaya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain panorama pantai yang indah, di pantai Pandansimo juga terdapat objek wisata ziarah seperti Pandanpayung dan Pandansari.

6. PANTAI KUWARU

PANTAI KUWARU

Adalah pantai dengan pemandangan pohon cemara, letaknya di daerah Bantul. Di pantai ini ada ATV yang di sewakan untuk wisatawan menyusuri keindahan Pantai Kuwaru. Selain berwisata alam di sini juga sebagai tempat kuliner, menu yang disajikan adalah aneka masakan seafood dengan macam-macam pilihan ikan segar yang ditangkap oleh nelayan setempat.

7. PANTAI SAMAS

PANTAI SAMAS

Adalah pantai yang terletak di Desa Srigading, Sanden, Bantul atau sekitar 24 km selatan Yogyakarta. Pantai Samas terkenal dengan ombaknya yang besar, delta-delta sungai dan danau air tawar yang membentuk telaga. Hamparan pasir Pantai Samas sering digunakan sebagai lokasi bertelur sejumlah penyu langka seperti Penyu Hijau, Penyu Sisik, Penyu Blimbing, dan Penyu Lekang. Selain ombaknya yang besar, pantai Samas terkenal dengan angin lautnya yang kencang dan bibir pantai yang curam serta pantainya yang berpasir putih. Matahari terbenam disini pun tidak kalah cantik dari pantai-pantai lainnya yang ada di Indonesia.

8. PANTAI GOA CEMARA

PANTAI GOA CEMARA

Pantai Goa Cemara terletak di dusun Patehan, Gadingsari, kecamatan Sanden, kabupaten Bantul, Yogyakarta. Disebut Goa Cemara karena di sepanjang pantai ditumbuhi rerimbunan pohon cemara udang yang membentuk lorong di tengah-tengahnya mirip seperti goa. Masyarakat sendiri yang memberi nama pantai ini dengan Goa Cemara, karena sejak awal masyarakat yang mengusahakan penanaman pepohonan cemara dan merawatnya hingga memenuhi pinggiran pantai.

9. PANTAI DEPOK

Pantai Depok

Pantai depok terletak di sebelah barat pantai parangtritis dengan jarak kurang lebih 5 km. Di Pantai Depok, kita akan menjumpai pemandangan alam yang langka dan menakjubkan, yaitu gumuk pasir. Gumuk pasir yang ada di pantai ini adalah satu-satunya di kawasan Asia Tenggara dan merupakan suatu fenomena yang jarang dijumpai di wilayah tropis. Di sini, anda bisa menikmati hamparan pasir luas, bagai di sebuah gurun. Gumuk pasir yang terdapat di dekat Pantai Depok terbentuk selama ribuan tahun lewat proses yang cukup unik.

10. PANTAI PARANG KUSUMO, PARANGTRITIS & PARANGNDOG

PANTAI PARANGTRITIS

Pantai ini mempunyai bentang garis pantaing yang luas. Untuk menyusuri pantai, pengunjung dapat menggunakan jasa sewa kuda, kereta kuda atau ATV. Setiap tahun digelar acara Jogja Air show.

Pantai di Gunung Kidul

11. PANTAI NGOBARAN

PANTAI NGOBARAN

Letak pantai yang bertebing tinggi ini hanya kurang lebih dua kilometer dari Pantai Ngrenehan. Ngobaran merupakan pantai yang cukup eksotik. Kalau air surut, anda bisa melihat hamparan alga (rumput laut) baik yang berwarna hijau maupun coklat. Pantai Ngobaran menawarkan sebuah keindahan dalam pluralisme lingkungannya. Ombak-ombak nan ramah memberikan kesejukan bagi rumput-rumput laut (alga) yang bersemayam di sana.

12. PANTAI NGRENEHAN

PANTAI NGRENEHAN

Merupakan salah satu pantai tujuan wisata Gunung Kidul yang terletak di desa Kanigoro Kecamatan Saptosari, kurang lebih 30 km di sebelah selatan kota Wonosari. Suatu pantai berupa teluk yang dikelilingi hamparan perbukitan kapur dan memiliki panorama yang sangat memukau dengan deburan ombak menerpa pasir putih.

13. PANTAI BARON

PANTAI BARON

Terletak sekitar 60 km dari jogja. Pantai ini merupakan muara sungai bawah tanah. Pemandangan yang indah dan masakan hasil laut yang memanjakan lidah menjadi daya tarik bagi wisatawan.

14. PANTAI KUKUP

PANTAI KUKUP

1 km dari Pantai Baron. Pantainya landai berpasir putih dan kaya akan biota laut dan jugaterkenal dengan beragam ikan hias air laut yang sangat indah.

15. PANTAI SEPANJANG

PANTAI SEPANJANG

Pantai Sepanjang menawarkan keindahan wisata bahari yang menkajubkan. Berada di barisan pantai Gunung Kidul yang juga dikelilingi lahan perbukitan dan hutan liar, lokasinya persis di sebelah timur Pantai Kukup.

16. PANTAI DRINI

PANTAI DRINI

Merupakan kawasan pantai yang indah dan sangat nyaman untuk berenang karena ombak utam jauh dan terhalang batu karang. Apabila air laut surut sisabermain air sambil mencari ikan. Di pantai ini kita bias melihat dengan jelas rumput-rumput laut diantara karang-karang laut dan biota laut lainya.

17. PANTAI SARANGAN

PANTAI SARANGAN

Pantai Sarangan berlokasi di sebelah barat Pantai Krakal, Gunungkidul, Jogjakarta. Pantai ini berada di Desa Ngestirejo, kecamatan Tanjungsari. Pantai Sarangan terbilang unik karena memiliki bentuk lekukan atau melengkung dengan panjang pantainya sekitar 200 meter. Hamparan pasir putih yang luas dengan pemanis dua buah bukit karang yang berada di sisi kiri dan kanan.

18. PANTAI KRAKAL

PANTAI KRAKAL

Masih berlokasi di daerah Gunungkidul, pantai ini dapat ditempuh dalam waktu 2 jam dari pusat kota Jogja. Pantai Krakal merupakan pantai yang bersebelahan dengan Pantai Slili.

19. PANTAI SLILI

PANTAI SLILI

Pantai Slili cukup luas, berpasir putih, suasana alamnya masih bersih dan asri.

20. PANTAI SANDRANAN

PANTAI SANDRANAN

Pantai Sadranan berada di daerah Wonosari, Gunung Kidul, +/- 70km dari Jogjakarta. Pantai Sadranan juga termasuk salah satu pantai terindah yang dimiliki Yogya. Airnya biru, pasirnya putih dan ada karang menghias di kejauhan. Keindahan taman bawah laut tak kalah dari taman bawah laut di pantai lain, pantai ini menawarkan banyak terumbu karang yang indah dan biota lautnya yang masih terjaga. Anda bisa melihat keindahan laut tersebut dengan menyewa perlengkapan Snorkeling/Surfing/Cycling yang ada di pantai sadranan . Biaya Paket Snorkling ini sangat murah karena hanya tinggal menyewa peralatan yang sudah disediakan oleh pemandu lokal di Pantai Sadranan. Sebagai info 1 Paket perlengkapan snorkeling : 1 pasang alat snorkel, pelampung, sepatu. Selain Paket Wisata Snorkeling di Pantai Sadranan, ada kegiatan wisata lain yang seru yaitu Cycling atau Wisata Sepeda menyusuri Pantai Pantai di gunung Kidul, start bisa mulai dari pantai Indrayanti, pantai Sundak, pantai Krakal dan finish di pantai Sadranan.

21. PANTAI NGANDONG


Pantai yang berada diwilayah desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul ini berbatasan langsung dengan pantai sundak di sebelah timurnya. Pantai Ngandong juga menjadi tempat tinggal oleh nelayan-nelayan setempat. Anda akan menemukan beberapa warung dan penginapan yang terletak di dekat pantainya.

22. PANTAI SUNDAK

PANTAI SUNDAK

Kawasan pantai yang memiliki panorama yang cukup indah ini terletak 3 km dari pantai kukup. Perbukitan kapur di latar belakang pantai yang menjulang menambah keelokan pertemuan laut dan daratan pesisir selatan Pulau Jawa menjadi daya tarik tersendiri. Pantai ini juga dikenal sebagai tempat berkemah dan beratraksi offroad.

23. PANTAI INDRAYANTI

PANTAI INDRAYANTI

Pantai Pulang Syawal atau Indrayanti terletak di sebelah timur Pantai Sundak, pantai yang dibatasi bukit karang ini merupakan salah satu pantai yang menyajikan pemandangan berbeda dibandingkan pantai-pantai lain yang ada di Gunung kidul. Tidak hanya berhiaskan pasir putih, bukit karang, dan air biru jernih yang seolah memanggil – manggil wisatawan untuk menceburkan diri ke dalamnya, Pantai Indrayanti juga dilengkapi restoran dan cafe serta deretan penginapan yang akan memanjakan wisatawan.

24. PANTAI POK TUNGGAL

PANTAI POK TUNGGAL

Pok Tunggal adalah sebuah nama pantai, yang luas pantainya tidak terlalu besar tapi indah, di kiri pantai terdapat sebuah pohon tunggal yang mana asal nama pok tunggal diambil dari pohon tersebut.

25. PANTAI SERUNI

PANTAI SERUNI

Pantai ini berada di Kecamatan Tepus, Gunungkidul, kira-kira hanya 1 km di timur Pok Tunggal, dan bisa ditempuh sekitar 2 jam dari kota Yogyakarta. Nama Seruni berasal dari nama bunga Seruni atau Chrysanthemum (latin)/ Chrysous (Yunani) yang berarti emas.

26. PANTAI NGETUN

PANTAI NGETUN

Pantai Ngetun berada di Dusun Sureng, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Pantai ini punya pasir putih yang halus dan bebatuan tebing yang terlihat eksotis. Pantai Ngetun juga jarang dikunjungi wisatawan, jadi masih sepi dan tenang. Benar-benar perawan!

27. PANTAI TIMANG

PANTAI TIMANG

Terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta. Perjalanan menuju ke pantai sekitar 3 jam dari Yogya. Pantai yang terletak diantara pantai siung dan pantai sundak ini berlokasi memang relatif terpencil. Selain keindahan alamnya, ada hal yang unik dari Pantai Timang. Apa itu? Yakni keberadaan kereta gantung yang berfungsi mengantarkan para nelayan ke Pulau Panjang.Pulau Panjang ini adalah batu karang berukuran besar di tengah laut, di seberang Pantai Timang. Penduduk setempat juga biasa menyebutnya Watu Panjang atau Batu Panjang.

28. PANTAI JOGAN

PANTAI JOGAN

Pantai Jogan bagikan peraduan tempat air sungai yg turun gunung dan menemui ombak yang pulang melaut. Dari puluhan pantai yang berada di sepanjang 71 kilometer pesisir Gunungkidul, Pantai Jogan menempati posisi yang paling istimewa karena keberadaan air terjun yang langsung jatuh dari atas tebing ke bibir laut. Lokasinya yang persis berada di sebelah barat Pantai Siung sering terlupa oleh para pemanjat yang dipacu semangat memeluk indahnya tebing Siung.

29. PANTAI NGLAMBOR

PANTAI NGLAMBOR

Pantai Nglambor berada di sebelah pantai Jogan yang berjarak sekitar 300m Namun akses kesana sedikit lebih menantang, jalan berbatu yang naik turun. Ombak di pantai nglambor cukup tenang, sehingga sangat cocok untuk berenang. Tersedia juga paket Snorkeling di pantai nglambor.

30. PANTAI SIUNG

PANTAI SIUNG

Pantai ini terletak 35km dari wonosari desa Purwodadi, Tepus. Pantai Siung kaya akan karang-karang raksasa. Tebing karangnya memfasilitasi penggemar olah raga panjat tebing.

31. PANTAI WEDIOMBO

PANTAI WEDIOMBO

Terletak di Jepitu, Girisuba, Gunungkidul, sekitar 40 km arah tenggara kota wonosari. Pantai ini merupakan bagian teluk yang menghadap ke barat sehingga dapat melihat matahari tenggelam (sunset) yang indah. Pantai Wediombo mempunyai ombak yang besar sehingga cocok untuk berselancar.

32. PANTAI JUNGOK

PANTAI JUNGOK

Lokasi Pantai Jungok berada di sebelah timur pantai Wediombo, dapat ditempuh dengan berjalan kaki dari Pantai Wediombo. Pantai ini termasuk pantai yang belum banyak terjamah wisatawan,hanya sedikit orang saja yang mengetahuinya. Pantai ini mempunyai pasir putih dan perairan yang dangkal. Selain biota laut dan algae yang menghiasi pantai ini apabila beruntung kita bisa menjumpai burung elang laut di sini.

33. PANTAI SADENG

PANTAI SADENG

Terletak di selatan wilayah Gunungkidul berjarak 46 Km dari Wonosari, Gunung Kidul. Terletak di Desa Songbanyu dan Desa Pucung Kecamatan Girisubo, berbatasan dengan Pracimantoro, Wonogiri yang masuk Provinsi Jawa Tengah. Pantai Sadeng bagaikan menyaksikan sebuah proses evolusi. Selama perjalanan, bisa dikenang evolusi daratan rendah jalur aliran Begawan Solo Purba dari tempat mengalirnya air hingga menjadi lading palaawija yang produktif. Sementara, mengunjungi pantainya seolah mengenang pantai yang semula muara sungai menjadi daerah sepi dan akhirnya berkembang menjadi pelabuhan perikanan terbesar di Yogyakarta.

34. PANTAI WATU KODOK

PANTAI WATU KODOK

Pasir Putih yang terhampar luas dengan bebatuan karang menjaga di sisi kanan kiri Pantai Kodok menjadi ciri khas dari pantai ini. Deburan ombak menjadi pasangan setia dari keindahan pantai ini. Watu Kodok atau Katak Batu merupakan pantai yang sejajar dengan pantai Baron, Kukup, dan Krakal.

35. PANTAI NGULEN

PANTAI NGULEN

Pantai Ngulen adalah salah satu nama Pantai yang terletak di di Gunungkidul yang mampu menarik perhatian para wisatawan. Pantai Sanglen sendiri tidak setenar pantai-pantai lainnya yang ada di Gunung Kidul karna akses jalannya yang dianggap sulit sehingga banyak wisatawan yang tidak begitu mengetahui salah satu keindahan yang berada di Gunungkidul ini.

36. PANTAI GESING

PANTAI GESING

Pantai ini memang masih asing bukan hanya di telinga para traveler. Warga Yogya pun banyak yang masih asing dengan pantai ini. Di pantai inilah Anda akan menemukan salah satu keindahan alam Gunungkidul. Pantai Gesing bukan hanya menawarkan pemandangan yang indah dan segarnya bermain dengan ombak saja, namun merupakan lokasi wisata yang lengkap. Di sini bagi para traveler bisa memanjakan hobi mulai dari fotografi, memancing, maupun anda yang hobi kuliner seafood bisa Anda dapatkan dari sini. Bagi traveler yang hobi fotgrafi, Anda bisa mengabadikan indahnya Pantai Gesing baik dari atas tebing-tebing yang curam maupun dari pantai yang berpasir putih.

37. PANTAI BEKAH

PANTAI BEKAH

Lokasi Pantai Bekah terletak di Padukuhan Temon, Desa Giripurwo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekitar 17 km arah Timur Pantai Parangtritis Bantul. Pantai Bekah memiliki kharakteristik khusus dan berbeda dengan kebanyakan pantai di Gunungkidul, karena daratan yang berhubungan langsung dengan laut merupakan jajaran tebing karang memanjang dengan ketinggian mencapai ± 70 meter dari permukaan air laut.




Related posts:
  • Galeri Fotografi

  • Objek Wisata Populer Jogja
    Paket Wisata
  •